|  

Wisata Goa Sriti di Area Wisata Goa Pindul

Administrator | Rabu, 05 November 2014 - 18:57:20 WIB | dibaca: 1213 pembaca

Di area wisata Goa Pindul juga terdapat goa yang sangat indah dan fenomenal, yakni Goa Sriti. Goa Sriti terletak di dusun Gelaran I yang berbatasan langsung dengan dusun Karangmojo desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Goa Sriti terletak 500 meter sebelah barat obyek wisata Goa Pindul yang fenomenal. Disebut Goa Sriti karena goa ini dahulunya merupakan tempat bersarangnya burung Sriti, yakni burung yang fisiknya mirip burung Walet, namun ukurannya lebih kecil.

Goa Sriti secara historis memiliki kisah misteris tersndiri. Pada jaman dulu, Goa Sriti pernah dijadikan tempat bertapa seorang raja yang sakti mandra guna, yakni raja Malowopati yang bernama Prabu Angling Darma. Prabu Angling Darma mempunyai seorang isteri yang sangat dicintainya yang bernama Dewi Setyowati. Menurut cerita rakyat yang melegenda, Prabu Angling Darma sangat identik dengan Burung Belibis, atau masyarakat sekitar menamakan burung tersebut dengan sebutan Meliwis Putih, karena berwarna putih bersih. Burung tersebut sampai saat ini, setiap tahun sekali di percaya masih sering menampakkan diri di telaga Banyubening (sekitar 600 meter sebelah selatan Goa Sriti). Burung tersebut menampakkan diri dalam waktu yang relatif singkat dan tidak semua orang berkesempatan menyaksikan kedatangan burung Belibis (Meliwis ) putih Prabu Angling Darma tersebut. Prabu Angling Darma sering semedi (bertapa) di Goa Sriti dalam waktu yang cukup lama. Prabu Angling Darma mempunyai  salah satu kelebihan yang luar biasa dalam bentuk kemampuan berbicara/berkomunikasi dengan semua jenis hewan yang ada di bumi. Kemampuan Prabu Angling Darma itu disebut "Gineng". Meskipun memiliki kelebihan itu, Prabu Angling Dharma terkenal sangat arif dan bijaksana, serta menjadi raja yang santun dan dicintai rakyatnya. 

Setelah beliau usai bertapa, beliau kembali lagi menjalankan tugasnya sebagai seorang raja. Namun sebelum beliau meninggalkan Goa Sriti, untuk menghilangkan jejak (mengelabuhi musuhnya), beliau mencabut sumping kanannya (hiasan seorang raja yang terletak di telinga) terlebih dahulu lalu di sabda menjadi seorang pertapa mirip beliau lalu ditinggalkan di Goa Sriti. Karena sudah berada di Gua selama ratusan tahun, pertapa jelmaan dari sumping tersebut sekarang sudah menjadi batu, yang dapat disaksikan di dalam Goa Sriti.

 

Untuk menghayati sejarah Prabu Angling Darma, Anda dapat menelusuri Goa Sriti bersama Pindul Tour. 

Agenda Wisata


Hotline Reservasi

Hubungi Bagian Reservasi PindulTour.Com di:
0812-26-20-46-92 (Telkomsel)
0815-370-66-70 (Indosat)
0878-38-88-00-48 (XL)

Pembayaran Tiket

Rekening PindulTour.Com
BNI - 0268801529
BRI - 3544-01-019381-53-7
BTN - 00005-01-50-050200-3

Mitra Pindul Tour

Informasi Populer


Sarana PindulTour : Ruang Reservasi Sarana PindulTour : Ruang Ganti Pakaian Sarana PindulTour : Locker Penitipan Barang Sarana PindulTour : Kamar Mandi/Toilet

Fasilitas PindulTour : Armada Mobil Pick Up Fasilitas PindulTour : Ban Pelampung/Tubing Fasilitas PindulTour : Jaket Pelampung Fasilitas PindulTour : Sepatu Air Layanan Extra PindulTour : Teh dan Jahe Hangat